Informasi Bantuan

Manufaktur: Implementasi Aplikasi K3 dengan Solusi Satu Pintu

Kesehatan, keselamatan, dan lingkungan (K3) adalah aspek penting dari operasional yang memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan untuk tidak membahayakan siapa pun. K3 mencakup banyak dasar operasi, karena tujuannya adalah untuk menghindari masalah kesehatan dan cedera bagi karyawan sekaligus melindungi lingkungan.

 

Agar perusahaan dapat melanjutkan operasinya, mereka harus memenuhi semua peraturan K3 standar. Banyak perusahaan kini menjadi semakin sadar akan pentingnya K3. Ini juga menjadi prioritas utama klien kami karena keselamatan menjadi sangat penting bagi mereka untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik.

 

Setelah membuka pabrik baru dan merintis mobil listrik di Indonesia, klien kami sangat ingin menyatukan seluruh proses kesehatan, keselamatan, dan lingkungan mereka sehingga semuanya disimpan di satu tempat.

 

Untuk memungkinkan hal ini, mereka harus mengintegrasikan catatan medis karyawan mereka serta proses keselamatan pabrik. Mereka berkolaborasi dengan SENTINEL untuk membuat aplikasi yang mengintegrasikan seluruh sistem manajemen K3 mereka dalam satu aplikasi berbasis cloud untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka.

 

Catatan Medis Tersimpan dengan Aman
Selama pandemi COVID-19, klien kami menemui hambatan dalam melacak dan mencatat rekam medis karyawannya. Saat itu, banyak karyawan mereka yang terinfeksi COVID-19 sehingga membuat pekerjaan administrasi mereka melonjak.

 

Mereka mencari alternatif untuk mengurangi pekerjaan administrasi mereka, namun tetap dapat melacak rekam medis karyawan mereka ketika mereka menemukan SENTINEL yang memiliki kemampuan untuk membantu mereka di departemen tersebut dengan mengembangkan aplikasi pusat kesehatan yang terintegrasi langsung ke dalam proses K3 yang lebih luas.

 

Selain menyimpan rekam medis karyawan, aplikasi medical center juga terintegrasi dengan internal klinik klien kami untuk membantu seluruh kebutuhan medis karyawan. Aplikasi medical center menyediakan fitur di mana karyawan dapat membuat janji dengan dokter klinik untuk konsultasi atau untuk asistensi medis sehingga tidak lagi repot untuk mendapatkan bantuan medis.

 

Nantinya, setelah dilakukan konsultasi dan/atau tindakan medis, data tersebut akan disimpan di aplikasi analitik untuk melakukan analisis terhadap catatan pribadi karyawan, guna mendapatkan rekomendasi terbaik yang sesuai dengan kondisi karyawan dan memberikan tindakan preventif. Data yang dihasilkan dari analitik dikirim ke atasan karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan sehubungan dengan kondisi medisnya.


Mengubah Keselamatan menjadi Budaya


Klien kami memahami bahwa keselamatan bukanlah tanggung jawab satu departemen saja, melainkan tanggung jawab seluruh karyawan sehingga setiap karyawan terlibat dalam manajemen K3. Namun, melakukannya dengan cara konvensional membuat cukup sulit untuk melibatkan semua orang dan proses administrasi bisa memakan waktu berhari-hari untuk sampai ke kepala departemen untuk persetujuan.

Dengan adanya aplikasi manajemen K3 yang mudah diakses oleh semua orang, kini seluruh karyawan dapat ikut melaporkan kebocoran pipa, kerusakan mesin bor, atau bahkan bahaya di sekitar pabrik sehingga departemen yang bertanggung jawab dapat segera mengambil tindakan.

 

Aplikasi K3 ini adalah pengubah permainan karena menyediakan berbagai fitur manajemen keselamatan, seperti inspeksi dan observasi, keselamatan kebakaran, laporan bahaya, dan manajemen inventaris. Fitur inspeksi dan observasi memungkinkan karyawan untuk menulis laporan real-time terkait alat dan perlengkapan yang digunakan untuk bekerja, dan tujuan dari fitur ini adalah untuk menghilangkan ancaman guna memastikan bahwa alat dan perlengkapan yang digunakan sesuai dengan standar.

 

Untuk membuat protokol standar dalam situasi di mana kebakaran terjadi, aplikasi akan mengirimkan peringatan sehingga karyawan dapat menyelamatkan diri tanpa menimbulkan histeria besar-besaran. Ketika terjadi insiden atau/dan bahaya, karyawan terdekat dapat mengirimkan laporan melalui aplikasi dan laporan tersebut akan segera diproses oleh departemen K3.

 

Setiap alat dan perangkat yang digunakan untuk bekerja harus dicatat dalam sistem manajemen inventaris, bersama dengan sertifikat untuk alat atau perangkat tersebut. Dengan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi, klien kami sekarang memiliki aplikasi keamanan satu atap yang mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

 

Memberikan Efisiensi Kerja


Migrasi dari penggunaan kertas ke aplikasi yang dapat diakses dari desktop dan perangkat seluler justru meningkatkan efisiensi kerja mereka. Kini, semua laporan dapat diterima secara real-time, sehingga semua perawatan, perbaikan, tindakan korektif, dan bahkan penanganan insiden dapat dilakukan secepat mungkin.

 

Sebelum menggunakan aplikasi, klien kami mencoba menggunakan Google Forms untuk mengumpulkan laporan pemeriksaan dari karyawan. Formulir laporan ini telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan karyawan mereka. Namun, manajemen menemukan bahwa metode ini tidak memenuhi fungsi sebagai laporan real-time seperti yang diinginkan.

 

Jadi, mereka mencoba melaporkan menggunakan WhatsApp. Mereka membuat akun WhatsApp khusus bagi karyawan untuk melaporkan hasil inspeksi mereka. Sayangnya, mereka menemukan hambatan lain dengan metode ini karena ternyata, mereka dapat menerima 3000 hingga 4000 laporan dalam sehari yang tentunya sangat banyak dan hampir tidak mungkin untuk dicek secara manual.

 

Setelah mencoba kedua metode tersebut, pihak manajemen merasa bahwa proses keselamatan mereka tidak tercatat secara teratur dan kurang transparan. Jadi, mereka mencoba beralih ke mode digital untuk proses keselamatan mereka melalui penggunaan Sentinel yang pada dasarnya meningkatkan efisiensi kerja mereka.

 

Dengan Sentinel, kini setiap proses keselamatan dilakukan melalui satu platform yang dapat diakses dengan mudah oleh atasan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Sekarang, mereka tidak lagi harus menunggu laporan konvensional mereka diproses karena atasan dapat melihat dan menyetujui laporan tersebut langsung di platform Sentinel.

 

Keselamatan merupakan bagian tak terpisahkan dari industri yang operasional hariannya menggunakan mesin, dan klien kami memahami hal itu. Berkolaborasi dengan SENTINEL, kini klien kami dapat mendemokratisasi proses K3 mereka, sehingga semua orang dapat terlibat untuk meningkatkan keselamatan dan meningkatkan efisiensi proses K3.

Baca cerita klien lainnya

Jadilah yang pertama
mendemonstrasikan K3

Sentinel

SENTINEL © 2025. Hak cipta dilindungi.