Industri pertambangan sangat penting bagi perekonomian dunia karena banyak sekali industri yang sangat bergantung pada pasokan komoditas mineral dari bawah tanah, sehingga produktivitas merupakan bagian integral dari industri ini. Produktivitas individu karyawan biasanya sulit diukur, terutama di industri pertambangan mengingat jumlah karyawan yang bekerja di sana dan biasanya mereka bekerja dalam shift.
Asisten personal digital (APD) berguna untuk mendukung produktivitas karyawan yang membantu mereka dalam memeriksa pekerjaan, menjadwalkan tugas, mengukur kesiapan kerja, dan membuat analisis kinerja karyawan. Klien kami yang berkecimpung di bidang pertambangan batu bara pun menyadari hal ini dan turut menciptakan asisten pribadi digital yang membantu meningkatkan produktivitas karyawannya.
Klien kami adalah kontraktor pertambangan independen terbesar kedua di Indonesia, dan mereka merasa, dengan adanya asisten pribadi digital, kini mereka bisa mempermudah kegiatan karyawan. Simak bagaimana kami mengintegrasikan SENTINEL ke dalam APD klien kami.
Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Asisten Pribadi Digital
COVID-19 menjadi tantangan yang cukup besar bagi industri pertambangan karena tidak dapat dilakukan secara jarak jauh, dan terdapat lonjakan jumlah karyawan yang terinfeksi sehingga sulit untuk tetap produktif. Klien kami kemudian memunculkan ide untuk mengembangkan asisten pribadi digital untuk membantu karyawannya tetap produktif meski di tengah pandemi.
APD ini dibuat dengan modul SENTINEL yang diintegrasikan dengan aplikasi milik klien kami. Melalui aplikasi ini, SENTINEL dapat membantu check-in kerja, menjadwalkan tugas, dan mengukur kesiapan kerja karyawan. Fitur check-in lebih dari hanya sekadar mengklik tombol untuk karyawan melakukan check in kerja. Fitur ini menyediakan formulir yang harus diisi oleh karyawan untuk menentukan apakah mereka layak bekerja.
Secara detail, fitur ini memberikan informasi tentang aktivitas karyawan sebelum bekerja, berapa jam mereka tidur, informasi tentang pekerjaan selanjutnya, apakah mereka sedang mengonsumsi obat-obatan, dan apakah mereka pernah meminum minuman beralkohol. Asisten pribadi digital juga menyimpan catatan tes antigen dan vaksinasi karyawan.
Selain itu, isi dari fitur ini tidak bersifat paten, melainkan bersifat dinamis, sehingga dapat dikonfigurasi kapan saja agar sesuai dengan situasi. Formulir yang dapat dikonfigurasi memungkinkan klien kami untuk menghemat waktu selama pandemi COVID-19. Semua fitur ini memberikan gambaran kepada supervisor mengenai produktivitas karyawannya dan apakah karyawannya mampu memenuhi target produksi pada hari tersebut.
Sebuah SuperApp: Lebih dari sekadar Asisten
Kegiatan operasional di pertambangan tentunya sangat banyak dan melelahkan. Notabenenya, diperlukan berbagai divisi dan juga manpower untuk mengerjakan tiap-tiap pekerjaan yang jumlahnya sangat banyak. Sayangnya, beberapa pekerjaan dinilai begitu berat sehingga seringkali terlewatkan. Salah satu dari pekerjaan ini adalah manajemen aset.
Aplikasi asisten pribadi digital dari klien kami tidak hanya terintegrasi dengan modul fitur self-declaration, melainkan juga dengan fitur manajemen aset. Kegunaannya adalah agar klien kami dapat melakukan pengelolaan aset dengan mudah dalam satu aplikasi. Tiap-tiap aset yang ada ditandai dengan kode QR maupun RFID, sehingga karyawan yang bertugas melakukan pengelolaan aset hanya perlu memindai sensor di tiap aset untuk memunculkan informasi selengkapnya mengenai aset tersebut.
Fitur yang terdapat di SENTINEL ini pun kemudian menjadi salah satu fitur primadona bagi klien kami karena pengelolaan aset menjadi lebih mudah. Dari yang dulunya merasa berat karena jumlah aset yang dimiliki tidak sedikit, jadi terasa lebih ringan.
Maka dari itu, aplikasi asisten personal digital ini pun mampu berkontribusi meningkatkan produktivitas karyawan serta efisiensi waktu pekerjaan. Berkolaborasi dengan SENTINEL, kini pekerjaan karyawan menjadi lebih mudah.
Baca cerita klien lainnya
SENTINEL © 2025. Hak cipta dilindungi.