Manufaktur
Kesehatan, keselamatan, dan lingkungan (K3) adalah aspek penting dari operasi yang memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan untuk tidak membahayakan siapa pun.
K3 mencakup banyak dasar operasi, karena tujuannya adalah untuk menghindari masalah kesehatan dan cedera bagi karyawan sekaligus melindungi lingkungan. Agar perusahaan dapat melanjutkan operasinya, mereka harus memenuhi semua peraturan standar K3.
Banyak perusahaan kini menjadi semakin sadar akan pentingnya K3. Ini juga menjadi prioritas utama sebuah perusahaan manufaktur di Cikarang yang merupakan klien kami, karena K3 menjadi sangat penting bagi mereka untuk menghadirkan produk dengan kualitas terbaik.
Setelah membuka pabrik baru di Indonesia, perusahaan ini sangat ingin merevolusi seluruh proses kesehatan mereka sehingga seluruh prosesnya dapat diakses secara digital oleh karyawan mereka.
Untuk memungkinkan hal ini, mereka harus mengintegrasikan catatan medis dan menyederhanakan proses pelaporan kesehatan karyawan mereka.
Menggandeng SENTINEL, perusahaan manufaktur ini pun mewujudkan visi mereka untuk membuat aplikasi yang mengintegrasikan seluruh sistem kesehatan karyawan mereka dalam satu aplikasi berbasis cloud untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
Selama pandemi COVID-19, perusahaan tersebut menemui hambatan dalam melacak dan mencatat rekam medis karyawannya. Saat itu, banyak karyawan mereka yang terinfeksi COVID-19 sehingga membuat pekerjaan administrasi mereka melonjak.
Pada saat itu, mereka sedang mencari alternatif untuk mengurangi pekerjaan administrasi yang di saat bersamaan juga bisa tetap dapat melacak rekam medis karyawan mereka.
SENTINEL menjadi solusi bagi mereka karena mampu membantu mereka di departemen tersebut dengan mengembangkan pusat medis yang terintegrasi langsung ke dalam proses K3 yang lebih luas.
Selain menyimpan rekam medis karyawan, aplikasi medical center juga terintegrasi dengan klinik internal perusahaan untuk membantu kebutuhan medis karyawan. Fitur medical center ini menyediakan fungsi di mana karyawan dapat membuat janji dengan dokter klinik untuk konsultasi atau untuk asisten medis sehingga tidak lagi repot untuk mengantre.
Nantinya, setelah dilakukan konsultasi dan/atau tindakan medis, data tersebut akan disimpan di aplikasi dalam bentuk analitik sehingga aplikasi dapat langsung melakukan analisis terhadap catatan pribadi karyawan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik yang sesuai dengan kondisi karyawan dan memberikan tindakan preventif.
Data yang dihasilkan dari analitik tersebut dikirim ke atasan karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja terbaik bagi karyawan yang sesuai dengan kondisi medisnya.
Dengan menggunakan SENTINEL, kini klien kami mampu meningkatkan efisiensi dari yang awalnya menggunakan kertas, menjadi digital. Selain mengurangi risiko hilang atau rusaknya catatan medis karyawan. Selain itu, kini karyawan juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai kondisi mereka langsung dari satu aplikasi yang tentunya membuat mereka menjadi lebih paham mengenai kondisi medis mereka.
Baca cerita klien lainnya
SENTINEL © 2024. Hak cipta dilindungi.